FOyRrSCo5bBcsNpYp4f2TejmzNlC4mh1CPIRLzr5

Sehat menurut TCM (Pengobatan Tradisional Tiongkok)


Konsep Pengobatan Tradisional Tionghoa (TCM / Traditional Chinese Medicine) tentang bagaimana tubuh manusia bekerja, penyebab penyakit dan penanganan penyakit berbeda dengan pengobatan konvensional. 

TCM memandang organ tubuh manusia itu secara keseluruhan (holistik), tidak per bagian. Menurut TCM tubuh seseorang tidak bekerja sendirian, ia mendapat dukungan dari organ-organ lainnya. Apabila ada gangguan pada Lambung. bukan hanya masalah pada lambung saja yang ditelusuri namun juga gangguan pada organ lainnya misalnya limpa atau hati. Jangan heran apabila seorang praktisi TCM selain mengobati lambung pada pasien maag ia juga mengobati bagian hati. 

Ada beberapa hal pada TCM yang mungkin ganjil atau jarang kita dengar misalnya : tentang Yin dan Yang, Qi,  Meridian, penyebab penyakit dari luar tubuh manusia (patogen eksternal), penyebab penyakit dari dalam tubuh manusia (patogen internal). Hal-hal iniiah yang berpengaruh dalam konsep kesehatan menurut TCM. 

Dalam pandangan Pengobatan Tradisional Tionghoa (TCM) seseorang itu dikatakan sehat bukan hanya karena tidak merasakan sakit, namun juga harus ada keseimbangan antara Yin dan Yang dalam tubuhnya. Interaksi antara Yin dan Yang menghasilkan energi yang dinamakan Qi, Qi ini mengalir di dalam tubuh manusia melalui saluran yang dinamakan meridian. Apabila terjadi sumbatan pada aliran Qi ini ataupun adanya aliran Qi yang berlebihan akan menimbulkan penyakit.
Oleh karena cara pandang yang berbeda bisa saja terjadi perbedaan diagnosis antara pengobatan konvensional dan TCM. Misalnya seorang praktisi TCM mendiagnosis seseorang mengalami stagnasi (penyumbatan) qi pada organ hati (Liver) ketika dicek enzim hati seperti SGOT SGPT Bilirubin dll bisa saja normal.
Dalam pengobatan TCM, penanganan terhadap suatu penyakit yang sama bisa saja berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Hal ini disebabkan oleh penyebab suatu penyakit yang sangat mungkin berbeda walaupun menghasilkan kondisi penyakit yang sama. Hal ini yang menjadi kesulitan dalam mengukur keefektifan TCM dalam pengobatan suatu kondisi penyakit yang sama dengan menggunakan metode konvensionaL Singkatnya setiap orang itu kondisinya unik. Tidak ada yang persis sama kondisinya. Pendekatan dan penanganan penyakit juga berbeda.

Tujuan tertinggi dalam TCM adalah mencegah terjadinya suatu penyakit apabila seseorang telah terserang penyakit tingkatan yang parah minimal diusahakan penyakitnya tidak makin parah. Untuk mencapai maksud dan tujuannya itu digunakan beberapa sarana yakni 
1. Akupuntur dan Moxa
2. Herbal
3. Tui Na (pijat)
4. Cupping (bekam)
5. Olahraga (misalnya TaiQi)
6. Diet (pengaturan makanan)

Rumus untuk lebih memahami konsep sehat menurut TCM adalah sbb:
1.TCM bersifat holistik
2. Keseimbangan Yin=Yang=sehat
3. Interaksi Yin+Yang=Qi
4. Qi mengalir dalam saluran meridian.
5. Penyakit = ketidakseimbangan yin yang ada yang berlebih atau kurang atau sumbatan pada Meridian
Demikianlah tulisan singkat tentang konsep Sehat menurut pengobatan Tiongkok. Semoga dapat menambah wawasan anda. Salam sehat selalu.
.
.
.
.
Sumber: tonylinblogspot


Related Posts

Related Posts

Post a Comment