FOyRrSCo5bBcsNpYp4f2TejmzNlC4mh1CPIRLzr5

Bagaimana 7 Emosi Negatif dalam TCM Mempengaruhi Kesehatan

Semua manusia punya emosi itu wajar, namun emosi ini tidak boleh berlebihan dan keterusan tanpa batas. Berbagai emosi ternyata bisa melukai organ tubuh manusia. Ada 7 jenis emosi yang berdampak negatif seperti tersebut di bawah ini:

(1)Gembira (喜,xi): Gembira berlebihan bisa melukai jantung. (喜伤心) xi shang xin). Kasusnya bisa dilihat pada orang yang gembira luar biasa karena mendapat lotere, lalu mati mendadak karena denyut jantungnya tiba-tiba berhenti.

(2)Marah (怒, nu): Marah berlebihan akan melukai hati. (怒伤肝 nu shang gan). Orang yang sering emosi marah-marah mudah sekali terkena tekanan darah tinggi (肝火上升 gan huo shang sheng),

(3)Khawatir 忧,you): Khawatir berlebihan akan melukai paru paru (忧伤肺you shang fei)
(4)pikiran 思, si: banyak pikiran akan melukai pankreas. orang yang banyak pikiran atau para eksekutif dan mahasiswa yang banyak menggunakan Otak, sering kali terkena sakit lambung. Bila fungsi pankreas yang menghasilkan enzim tergangu, terganggu pula fungsi pencernaannya. 思伤脾( si shang pi)

(5) Sedih (悲 bei): Sedih berlebihan juga bisa melukai paru-paru menjadi sesak napas. 悲伤肺 (bei shang fei)

(6) Takut (恐 kong): Ketakutan akan melukai ginjal. (恐伤肾 kong shang shen)

(7) Kaget (惊 jing): Kaget mendadak juga akan melukai ginjal. (惊伤肾 jing shang shen)

Semua yang berlebihan itu tidak baik Misalnya, makan, olahraga, kerja, istirahat, berhubungan seks, bicara yang berlebihan-semua itu tidak baik untuk kesehatan. Lao Zi mcngatakan, “Tahu batas berhenti akan bebas dari segala bahaya”  (Dao De jing, Bab 32).


Buku Pengobatan Kaisar Kuning dijadikan buku panduan untuk orang yang ingin memelihara jasmani dan rohani 养生 (yang sheng). Ada kalimat terkenal dari Kaisar Kuning yang sering disebut-sebut oleh pakar yang Sheng, yakni:



“Orang yang mengerti doktrin Tao (Dao) pada zaman dahulu kala mempraktikkan, mengikuti Hukum YinYang, melakukan gerakan yang lembut berkali-kali dan latihan pernapasan. Minum dan makan ada batasnya, tidur bangun tepat waktunya, tidak berbuat yang berlebihan, maka jasmani dan rohaninya bisa dipelihara bersamaan, sehingga mampu menjalani hidup yang lebih panjang, di usia 100 tahun baru meninggal dunia.”
selain itu Anda juga bisa membaca apa saja 6 cuaca buruk(Liu Yin) dalam TCM dan bagaimana cuaca bisa mempengaruhi kesehatan seseorang. 
Related Posts

Related Posts

Post a Comment