FOyRrSCo5bBcsNpYp4f2TejmzNlC4mh1CPIRLzr5

enam cuaca buruk (Liu Yin) dalam TCM

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok di kenal adanya 6 cuaca buruk yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia. 6 cuaca tersebut adalah: 
(1) Angin (feng ): Masuk angin, badan terasa tidak enak dan pegal-pegal, jangan membuka baju melawan angin.

(2) Dingin (han ): Kedinginan bisa membuat kita bersin kena flu, maka kalau udara dingin 
kita harus memakai baju lebih. Sering berada di ruang AC tidak baik untuk kesehatan.

(3) Panas (sus): Suhu udara kelewat tinggi tidak baik untuk kesehatan. Di India pernah terjadi udara panas suhu tinggi mengakibatkan puluhan orang meninggal dunia.

(4) Lembab (shi 湿): Udara yang sangat lembab mengakibatkan mudah terkena encok, rematik.  Udara terlalu lembab juga tidak nyaman untuk manusia. 

(5) Kering( zao ): Udara kelewat kering (RH rendah) mengakibatkan cairan tubuh cepat menguap melalui permukaan kulit dan kulit menjadi kering, bibir pecah-pecah, mimisan dan menimbulkan dehidrasi bila tidak banyak minum 

(6)Api (huo ): Yang dimaksud “api” di sini
adalah suhu badan meningkat mencapai 39-40 C karena ada inflamasi di dalam tubuh. Atau panas dalam dan sering marah besar, mata menjadi merah, semua ini disebut “api”--dari hati naik ke kepala Gan huo shang sheng).
Demikianlah penjelasan 6 cuaca Buruk (LiuYin) dalam TCM, Semoga bermanfaat. Silahkan juga baca: Bagaimana 7 emosi negatif dalam TCM mempengaruhi kesehatan
Related Posts

Related Posts

Post a Comment